Tips Sehat Mengolah Kangkung

tips.sehat.memasak.kangkungTips Sehat Mengolah Kangkung – Siapa yang tidak tahu tanaman kangkung? tanaman yang biasa dimasak cah kangkung ini rasanya sungguh menggoda, apalagi dijadikan saat masih panas atau hangat.

Tanaman kangkung sebenarnya ada dua jenis, yaitu kangkung darat dan kangkung air. Sekitar tahun 2010 dikabarkan bahwa kangkung adalah salah satu tanaman yang beracun. Jika dilihat dari dua jenis kangkung tersebut, yang berpotensi menimbulkan penyakit adalah kangkung air yang tumbuh di daerah rawa-rawa atau selokan. Mikro organisme seperti telur cacing dan bakteri lainnya bisa tumbuh dan menempel pada kangkung yang tumbuh pada tempat yang penuh bakteri tersebut.

Seperti yang dijelaskan oleh salah satu ahli gizi Ibu Rita Ramayulis bahwa, sebenarnya kangkung tidak mengandung racun namun karena banyaknya mikro organisme yang ada dalam kangkung yang tumbuh di air yang kotor. Efek dari mikro organisme inilah yang kemudian menimbulkan efek diare pada anak-anak ketika penanganannya tidak tepat.

Pada dasarnya kangkung sangatlah baik untuk kesehatan, selain dapat memenuhi separuh dari gizi harian kita efek relaksasi pada kangkung membuat makanan ini baik dikonsumsi menjelang tidur. Berikut ini kandungan gizi yang terkandung pada kangkung:

  • Sumber vitamin A dalam bentuk beta karoten
  • Vitamin C (1000 gram kangkung memenuhi setengah dari kebutuhan harian akan vitamin C)
  • Berfungsi Sebagai vaksin
  • Zat Vitokimia LSA ( Memberikan efek relaksasi)
  • Magnesium
  • Zat Purin (bila berlebihan akan menyebabkan efek iritasi pada sistem pencernaan)
  • Kandungan magnesium yang bertemu dengan zat LSA itulah yang memberikan efek menenangkan setekah mengkonsumsi kangkung.

Agar kangkung menjadi makanan yang sangat bermanfaat untuk tubuh kita, maka Anda harus mengetahui bagaimana cara mengolah kangkung yang benar dan sehat. Berikut ini cara mengolah kangkung yang benar dan sehat;

  1. Cuci kangkung pada air yang mengalir, jangan hanya pada baskom saja. Misal dicuci dengan menggunakan kran air.
  2. Masaklah kangkung dengan menggunakan minyak. Karena didalam kangkung mengandung vit A dalam bentuk beta karoten dan beta karoten dapat diserap atas bantuan lemak tersebut, sehingga memasak kangkung sangat dianjurkan dengan menggunakan minyak, atau ditumis.
  3. Tunggu air benar-benar mendidih hingga 100 derajad celcius lebih, baru kangkung dimasukkan.
  4. Setelah kangkung Anda masukkan kemudian tutup dengan penutup, agar pemanasan pada kangkung merata sehingga dapat mematikan mikro organisme yang kemungkinan ada pada kangkung tersebut.
  5. Segera angkat kangkung, jangan menunggu sampai terjadi perubahan warna pada air. Jika air berbah menjadi hijau atau coklat itu pertanda telah banyak zat gizi yang telah larut ke air.
  6. Baiknya kangkung dikonsumsi tidak lebih dari 6 jam setelah dimasak.

Jangan menghangatkan kangkung walaupun sudah dimasukkan kedalam lemari es, karena akan memicu perkembangan mikro organisme

Itulah tadi bagaimana “Cara atau┬áTips Sehat Mengolah Kangkung” dan beberapa penjelasan tentang kandungan gizi beserta bahaya kangkung. Sayangi keluarga Anda, berikan mereka yang terbaik.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda, dan jangan lupa bagikan kepada teman-teman informasi yang bermanfaat ini, karena berbagi itu gratis dan berpahala.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *