Surga Tersembunyi di Pulau Togean, Sulawesi Tengah

pulau.togeanKepulauan Togean adalah gugusan pulau-pulau yang ada di Teluk Tomini – Sulawesi Tengah. Kepulauan Togean memiliki luasan daerah 36.605 hektar yang terdiri dari hutan dan perairan. Kepulauan ini terdiri dari 6 pulau besar dan 60 pulau-pulau yang memiliki ukuran lebih kecil dengan total gugusan mencapai 400 pulau.

Untuk rute menuju Togean baik dari bandara Sukarno hatta Jakarta maupun Bandara Juanda Surabaya, anda pilih terlebih dahulu tujuan ke Makassar lalu menuju Palu dan kemudian Anda turun di Tanjung Api Ampana. Usai tiba di Ampana Anda harus transit menuju kepulauan Togean dengan menggunakan kapal cepat dengan lama perjalanan sekitar kurang lebih 2 jam.

Salah satu gugusan pulau di Pulau Togean adalah Pulau Papan, Airnya begitu jernih dan Anda bisa melihat karang dan aneka biota laut dibawahnya sambil melintasi 900 meter jembatan diatasnya.

Seperti yang disampaikan oleh Wabup Tojo Ona-Una, Bp, Admina bahwa, Pemerintah daerah menginginkan kepulauan Togean ini menjadi tujuan wisata baik turis lokal maupun mancanegara karena keindahan alam di Togean berbeda dengan tempat wisata lainnya di Inbonesia.

Sulawesi Tengah juga memiliki jenis ubur-ubur yang tidak menyengat di danau Mariona di gugusan taman nasional Togean. Lokasi ubur-ubur air asin ini terletak di Pulau Kadidiri. Disana Anda dapat berenang sambil memegang ubur-ubur cantik yang jinak.

terumbukarang.californiareefDi kepulauan Togean Anda juga bisa melihat keindahan terumbu karang yang merupakan tempat terumbu karang eksotis dunia yaitu di California Reef. Bagi pencinta terumbu karang atau penyelam California Reef adalah surganya terumbu karang karena banyak ditemukan aneka biota laut disana. California Reef memiliki jenis karang eksotis dunia yaitu karang atol, karang barrier dan karang pantai yang semuanya menjadi habitat dari flora dan fauna laut.

Pulau Togean memiliki keindahan alam yang lengkap dan indah, tidak hanya pemandangan laut dan pantainya saja yang indah namun pemandangan gunungnya juga indah untuk dinikmati. Jika Anda berkunjung kesana tak ada kata lain yang bisa Anda ucapkan kecuali “amazing”.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *