Sidang Lanjutan E-KTP Menghadirkan 4 Saksi dari Pihak Swasta, Berlangsung Meneggangkan..!!

sidang.lanjutan.e-ktp.setnovHari ini 11 Januari 2018, sidang lanjutan E-KTP dengan agenda sidang yaitu pemeriksaan saksi. Pada sidang kali ini dijadwalkan akan menghadirkan 6 saksi.

Setya Novanto di dakwa menerima uang dari kasus proyek E-Ktp Elektronik sebesar 7,3 juta dollar atau sekitar 95 Miliar Rupiah. Saat proyek E-Ktp bergulir Setya Novanto yang menjabat sebagai Ketua Fraksi Partai Golkar diduga melakukan sejumlah peran untuk memuluskan proyek ini.

Dari 6 saksi yang dijadwalkan, hanya 4 saksi yang siap datang dalam persidangan. Adapun saksi yang hari tersebut daintaranya:

  1. Muda Ihsan Harahap dari PT. SAP Indonesia
  2. Riswan Barala atau Iwan Warawa, menjabat sebagai Mar com (Marketing Comunication) Money Changer Inti Valuta Sukses.
  3. Yuli Ira, Komisaris PT. Berkah Langgeng Abadi
  4. Nunui Kurniasih, Karyawan PT. Berkah Langgeng Abadi

Salah satu saksi yang bernama Riswan Barala atau Iwan Warawa beberapa waktu yang lalu diduga melakukan transaksi penukaran uang dengan Irfanto atau keponakan Setya Novanto. Pada awal tahun 2012 Irfanto mengatakan kepada Riswan bahwa dia ingin menemui pimpinan Money Changer Inti Valuta Sukses untuk menukar uang dollar dengan mengenakan fee atau komisi jika penukaran tersebut sukses dilakukan. Untuk besar fee yang di janjikan oleh Irfanto belum dijelaskan secara detail.

Dan selain itu, Irfanto juga bekerjasama dengan saksi bernama Yuli Ira (Komisaris PT. Berkah Langgeng Abadi) dengan cara Irfanto mengirim uang kepada rekening Yuli Ira di Bank Singapura, lalu kemudian uang tersebut akan diberikan kepada orang tertentu di Indoensia dengan total uang sebesar 2,6 juta US Dollar.

Majelis hakim maupun jaksa KPK dalam sidang terus menggali keterangan dari saksi Riswan karena dalam pemberian keterangan Riswan terlihat tidak tenang sehingga memancing Jaksa KPK untuk memberondong pertanyaan kepada Riswan.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *