Saksikan Fenomena Langka Gerhana Bulan Total Akan Muncul 31 Januari 2018

gerhana.bulan.total.31januari2018Fenomena langka “Gerhana Bulan Total” diprediksi akan terjadi bulan Januari 2018. Peristiwa ini dibilang langka karena saat gerhana terjadi posisi bulan berada pada konfigurasi super moon dan juga blue moon secara bersamaan.

Pada tanggal 31 Januari 2018 nanti, sebagian penduduk bumi akan menyaksikan fenomena gerhana bulan total langka. Super moon terjadi saat posisi bulan berada dalam jarak terdekat dengan bumi, sedangkan blue moon merupakan fenomena bulan purnama yang terjadi dua kali dalam satu bulan kalender masehi.

Fenomena ini akan berlangsung kurang lebih selama 1 jam 16 menit, mulai dari proses awal gerhana hingga puncaknya. Gerhana bulan total terjadi pada saat posisi bumi berada tepat diantara bulan dan matahari. Pada gerhana kali ini, bulan akan terlihat cukup besar karena posisi bulan saat itu berada pada jarak terdekat dengan bumi, bulan juga akan berwarna merah kegelapan karena posisi bulan berdekatan dengan pusat kerucut bayang-bayang umbra bumi.

Gerhana bulan ini akan lebih menarik dilihat oleh penduduk Indonesia bagian timur, dimana saat terjadinya proses gerhana posisi bulan sudah cukup tinggi. Sementara bagi penduduk Indonesia bagian Tengah dan Barat, gerhana bulan akan tampak saat bulan masih berada dibawah ufuk atau gerhana terjadi saat bulan baru terbit.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *