PT Inka Dirikan Pabrik Kereta Api di Banyuwangi, tahun 2019 Siap Beroperasi

ptinka.mendirikan.pabrik.dibanyuwangi

PT Inka Dirikan Pabrik Kereta Api di Banyuwangi – Mungkin kata pertama yang terungkap adalah “Banyuwangi Semakin Keren”. Berawal dari potensi pariwisata yang sekitar 8 tahun terakhir digembar-gemborkan oleh pemkab Banyuwangi dan didukung oleh masyarakat, potensi Banyuwangi semakin lama semakin terlihat jelas. Satu per satu investor berdatangan ke Banyuwangi apalagi setelah Bandara Blimbingsari dibuka.

Kali ini PT Inka (Industri Kereta Api), yang merupakan perusahaan milik PT KAI ini berencana akan mendirikan pabrik baru di Banyuwangi. Pembangunan pabrik direncanakan akan mulai di bangun sekitar semester II tanun 2018 ini, dan jika tidak mengalami kendala pabrik tersebut akan beroperasi di tahun 2019 nanti.

Pabrik yang direncanakan akan dibangun diatas tanah seluas 80 hektar ini memiliki fasilitas produksi yang lebih besar jika dibandingkan dengan pabrik di Madiun dengan luas sekitar 22 hektar.

Faktor utama alasan mengapa PT Inka akan mendirikan pabrik baru di Banyuwangi adalah, karena Banyuwangi dekat dengan pelabuhan, sehingga biaya pengiriman kereta hasil produksi akan menjadi lebih murah. Selama ini PT Inka untuk mengirim kereta ke Bangladesh harus memakai trailer dan biayanya sangat mahal.

Apabila sudah beroperasi nanti, pabrik di Banyuwangi akan menjadi fasilitas produksi kereta yang utama. Sedangkan pabrik di Madiun akan dijadikan fasilitas pendukung.‎

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *