Pertama Di Dunia – Amazon Membuka Toko Tanpa Kasir

toko.amazon.tanpa.kasir.pertama.diduniaBaru pertama di dunia toko tanpa kasir – Baru – baru ini Amazon meresmikan Tokonya yang unik, inovatif dan membuat orang sedikit berdecak heran. Tidak hanya kita, orang Amerika sendiri yang berbelanja di toko Amazon merasa sedikit kikuk belanja disana. Salah satu pengunjung toko Amazon mengatakan bahwa ini adalah pengalaman pertama yang sangat aneh, karena pada saat saya keluar toko saya merasa mencuri sesuatu dari toko tersebut, dan sempat saya clingak clinguk saat hendak keluar dari toko Amazon.

amazon.go.appBerbelanja tanpa kasir, inilah teknologi retail terkini yang ditawarkan oleh Amazon perusahaan rasasa peritail online Amerika ini. Jika Anda ingin berbelanja terlebih dahulu Anda harus mendownload atau memiliki aplikasi Amazon go terlebih dahulu pada handphone Anda. Kemudian Anda masuk ke toko, pilih, pegang dan kemudian keluar, setelah Anda melewati pintu keluar maka secara otomatis Amazon akan menarik pembayaran dari akun Amazon go milik Anda.

Dengan menggabungan tehnologi pindai visual menggunakan ratusan kamera dalam toko, algoritma komputer dan sensor, Amazon mampu mendeteksi apasaja yang anda pegang atau yang Anda beli. Begitu Anda memutuskan untuk membeli barang tersebut maka sistem akan merekam secara otomatis di keranjang visual.

Begitu banyak potensi yang dapat dikembangkan dari teknologi yang telah diuji coba selama 5 tahun terakhir ini, namun amazon tidak mau banyak bicara soal rencana masa depan mereka. Saat ini hanya ada satu toko amazon go di dunia yaitu di kota Seatle negara bagian Washington DC.

Walaupun ini adalah teknologi modern yang bisa dikatakan canggih dan unik, namun banyak sekali kekhawatiran yang muncul. Salah satu kekhawatiran tersebut adalah terkait privasi, karena begitu banyaknya data yang dikoleksi pada setiap kali konsumen berbelanja termasuk produk apa saja yang dilihat, pegang, pilih lalu pergi. Jika teknologi toko tanpa kasih ini dikembangkan bisa juga menjadi ancaman bagi sekitar 3,5 juta lapangan kerja kasir di Amerika. Sampai saat ini Amazon belum menyatakan akan mengembangkan jaringan toko tanpa kasir ini. Namun pengamat industri di Amerika mengatakan hal ini sangat mungkin terjadi dalam waktu dekat, apalagi mengingat amazon baru saja mengakuisisi “Whole Food” jaringan ratusan super market diseluruh Amerika.

Kira-kira kalau toko itu ada di Indonesia bagaimana ya? Kalau ada yang ingin komentar silahkan langsung tulis aja.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *