Keluar Keringat Dapat Menghilangkan Lemak, Benarkah Demikian?

berkeringat.menurunkan.berat.badan
foto: dari google

Keluar Keringat Dapat Menghilangkan Lemak – Anda pasti sering mendengar kata – kata seperti ini : “Tidak perlu olahraga terlalu berat atau terlalu lama, yang penting keluar keringat”, pernyataan tersebut artinya bahwa yang penting keluar keringat berarti lemak juga akan hilang dan bisa menyebabkan tubuh kita bisa lebih kurus atau berat badan menjadi turun.

Apakah hal tersebut benar? ataukah hanya anggapan kebanyakan orang saja? agar Anda yakin dengan hal tersebut benar atau salah, silahkan simak terus artikelnya.

Sebelum kita membahas lebih jauh, sebelumnya kita pahami dulu apa itu keringat? dan mengapa tubuh manusia berkeringat? 

Sebenarnya keringat berasal dari kelenjar keringat yang terdapat pada pori-pori kulit manusia atau kulit kita. Lalu kenapa tubuh kita bisa berkeringat? Tubuh kita mengeluarkan keringat sebenarnya untuk mengatur suhu tubuh atau mengatur temperatur pada tubuh kita. Beberapa contoh, saat kita berada di sebuah tanah lapang dengan terik sinar matahari, atau kita berolahraga, atau mungkin kita sedang sauna maka tubuh kita akan mengeluarkan keringat. Hal ini otomatis terjadi pada tubuh kita agar suhu tubuh kita tidak terlalu tinggi akibat aktifitas yang kita lakukan tersebut.

Bahayanya justru akan terjadi jika kita tidak bisa berkeringat, maka panas akan terkumpul dalam tubuh kita akhirnya akan mengganggu metabolisme tubuh kita.

Yang penting sekali Anda ketahui adalah, pada saat tubuh kita berkeringat yang keluar adalah cairan tubuh bukan lemak dalam tubuh. Memang pada saat berolahraga membutuhkan kalori dan tubuh kita akan membakar kalori tapi bukan berarti lemak dalam tubuh akan ikut keluar bersama keringat.

Apakah berolahraga dan berkeringat dapat membuat tubuh menjadi kurus?

Hal ini sebenarnya tidak 100% benar dan tidak juga 100% salah, karena tergantung dari jenis olahraga apa dan pola makan Anda. Jika Anda hanya berjemur dan kemudian berkeringat tanpa melakukan aktifitas fisik, kemungkinan untuk menurunkan lemak dalam tubuh sangatlah sedikit, atau bahkan tidak membakar lemak yang ada di dalam tubuh Anda sama sekali, bahkan jika anda berjemur terlalu lama Anda akan terkena dehidrasi karena kehilangan cairan begitu banyak.

Ada juga yang melakukan hal seperti ini :

Berolahraga pada siang hari dibawah terik sinar matahari dan menggunakan jaket, memaksa agar keringat keluar dalam jumlah yang banyak. Setelah melakukan hal tersebut, maka berat badan akan turun dengan drastis, memang benar hal ini terjadi, namun ingat pada saat anda kembali memasukkan cairan kedalam tubuh atau minum dan makan, maka berat badan Anda akan kembali naik seperti semula. Karena yang keluar hanyalah cairan yang ada di dalam tubuh Anda.

Hal ini jika anda lakukan secara terus menerus malah akan menimbulkan efek yang kurang baik untuk tubuh Anda. Apalagi jika Anda mengurangi jumlah minum anda karena khawatir kalau berat badan akan menjadi naik, maka efek buruk yang bisa Anda dapatkan adalah dehidrasi, ginjal bekerja lebih berat, jantung bekerja lebih berat dan hal ini akan mengakibatkan penurunan fungsi organ tubuh tersebut.

Macam-macam lemak yang ada didalam tubuh manusia :

Lemak Subkutan, atau lemak yang tersimpan dibawah lapisan kulit. Lemak ini sebenarnya tidak berbahaya bagi tubuh kita.

Lemak Visceral, atau lemak yang tersimpan didalam rongga tubuh kita. Jenis lemak inilah yang berbahaya, karena lemak ini tersimpan didalam organ-organ tubuh dan dapat menyebabkan gangguan kinerja pada organ tubuh manusia. Beberapa contoh seperti, jantung terbungkus lemak dan lemak pada pembuluh darah itulah yang dapat menyebabkan gangguan fungsi tubuh manusia.

BAGAIMANA AGAR LEMAK BISA TERBAKAR DENGAN BAIK?

Untuk membakar lemak berolahraga keras saja tidak cukup namun Anda juga harus mengatur pola makan Anda. Mengapa demikian? karena jika terjadi kelebihan kalori yang masuk kedalam tubuh melalui makanan itulah yang akan menjadi lemak, dan perlu Anda perhatikan “bukan berarti Anda makan lemak akan menjadi lemak”.

Pada dasarnya, jika Anda makan lemak, karbohidrat, protein dan lain sebagainya kedalam tubuh Anda kalau itu semua porsinya berlebih maka tubuh akan menyimpannya menjadi lemak. Yang lebih parah lagi, jika Anda sudah memasukkan makanan secara berlebihan lalu Anda tidak menggunakan untuk aktifitas sama sekali, tunggulah beberapa waktu saja maka berat badan Anda akan segera naik.

Intinya adalah, harus ada sebuah keseimbangan antara kalori yang Anda masukkan kedalam tubuh dengan kalori yang Anda gunakan untuk Aktifitas. Jika lebih sedikit kalori yang digunakan maka lemak akan menumpuk dan tubuh Anda menjadi gemuk, dan jika kalori yang anda gunakan lebih banyak dari yang dimasukkan maka lemak anda akan berkurang dan tubuh Anda akan menjadi langsing.

JADI KESIMPULANNYA ADALAH:

Bahwa Anggapan jika sudah berkeringat maka lemak akan keluar sebenarnya tidak demikian, karena terbakarnya lemak tergantung pada keluar masuk kalori didalam tubuh Anda.

Demikian tadi penjelasan terkait anggapan ”¬†Keluar Keringat Dapat Menghilangkan Lemak”, semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda. Silahkan komen atau subsribe jika ingin berlangganan artikel kesehatan lainnya.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *