Daftar Kecelakaan Maut yang Terjadi di Tanjakan Emen

tanjakan.emenDaftar kecelakaan maut yang terjadi di Tanjakan Emen – Pada tanggal 10 Februari 2018, sebuah bus pariwisata terguling di tanjankan emen kabupaten Subang, Jawa Barat Sabtu Sore. Akibat kecelakaan ini sebanyak 27 orang meninggal dunia dan 30 penumpang bus lainnya mengalami luka-luka.

Tanjakan Emen selama ini memang dikenal rawan akan kecelakaan, bahkan menurut penduduk setempat hampir setiap akhir pekan terjadi kecelakaan bermotor di tanjakan sepanjang 3 kilometer ini. Kondisi jalan yang memang berbahaya menjadi penyebab deretan kecelakaan di Tanjakan Emen. Ada sekitar 2 titik yang harus dibenahi geometrisnya, karena memang kondisinya membahayakan untuk kendaraan bermotor saat melintasi jalan tersebut.

Berikut ini deretan daftar kecelakaan yang pernah terjadi di Tanjakan Emen sejak tahun 2012 hingga Februari 2018 kemarin :

  • Oktober 2012
    Bus pariwisata berpenumpang 20 orang turis berasal dari Taiwan, terguling saat menuruni turunan emen tepatnya 1 Oktober 2012. Korban 3 orang meninggal dan 17 orang luka-luka.
  • Juni 2014
    Bus pariwisata Rombongan SMA Al-Huda Cengkareng, Jakarta Barat terguling setelah menabrak mobil pada 17 Juni 2014 dan menelan korban 7 orang meninggal dunia.
  • April 2017
    Empat kendaraan bermotor tabrakan beruntun dan 1 orang meninggal dunia
  • Februari 2018
    Bus Pariwisata terguling dan memakan korban 27 orang meninggal dunia dan 30 orang luka-luka.

Tanjakan dengan panjang 3 kilometer dan lebar sekitar 8 meter ini memiliki 3 jalur yaitu 2 menanjak dan 1 menurun.  Yang menjadikan Tanjakan ini berbahaya adalah tingkat kemiringannya sekitar 35 – 45 derajad, sehingga dibithkan keahlian khusus dan kondisi kendaraan yang prima agar bisa mengendalikan kendaraan dengan di Tanjakan Emen ini.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *