Cara Menghilangkan Formalin Pada Makanan

cara.menghilangkan.formalin.padamakananFormalin adalah larutan tidak berwarna dan berbau tajam dengan kandungan kimia Formaldehid (metanal) 37%, metanol 15 % dan sisanya adalah Air. Formalin biasanya digunakan sebagai bahan untuk cairan pembersih, bahan perekat kayu lapis dan bahkan digunakan untuk pengawetan mayat di rumah sakit.

Namun yang sering kita dengar atau kita lihat berita di televisi, formalin digunakan untuk mengawetkan makanan seperti ayam, ikan, daging dan lain sebagainya agar makanan tersebut tahan lama. Padahal formalin menimbulkan efek berbahaya bagi tubuh manusia, adapun efek negatif fromali bagi tubuh manusia antara lain:

  • Jika formalin terhirup dapat menyebabkan iritasi saluran pernafasan dan kanker hidung jika sering terhirup
  • Jika terkena kulit, menyebabkan kulit kemerahan
  • Jika formalin tertelan dapat menyebabkan kerusakan pada organ pencernaan dan gangguan menstruasi
  • Efek jangka panjang jika terus-menerus kemasukan formalin kedalam tubuh dapat menyebabkan kanker otak, dan masih banyak lagi efek negatif dari formalin.

Sukesi seorang pengajar fakultas MIPA Institut Tehnologi Surabaya, melakukan penelitian dan berhasil menemukan cara yang sederhana untuk menghilangkan atau mengurangi kadar formalin yang terkandung dalam makanan. Berikut ini cara menghilangkan atau mengurangi formalin yang ada pada beberapa makanan:

  1. Pada Tahu
    Caranya: Rendam tahu dalam air biasa, air panas atau direbus dalam air mendidih, kemudian dilanjutkan dengan proses penggorengan
  2. Pada Mie
    Cranya: Rendam Mie kedalam air panas selama 30 menit, hasilnya bisa menghilangkan kadar formalin hingga 100%
  3. Pada iklan segar
    Caranya: rendam ikan dalam larutan cuka 5% selama 15 menit
  4. Pada Ikan Asin
    Caranya: Anda bisa merendamnya kedalam tiga larutan berbeda, silahkan Anda pilih salah satunya: air, air garam atau air leri. Jika ikan asin di rendam dalam air selama 60 menit atau 1 jam maka dapat menurunkan kadar formalin sebesar 61,25%, jika direndam dalam air leri dapat menurunkan kadar formalin hingga 66,03% dan jika direndam kedalam air garam dapat menurunkan kadar formalin hingga 89,53%.

Mari kita lindungi masa depan bangsa Indonesia dan keluarga kita dari makanan yang berbahaya yang mengandung formalin. Selamat mencoba dan semoga Bangsa Indonesia menjadi bangsa yang sehat dan kuat.

 

sumber foto/gambar: Youtube CNN Indonesia

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *