Berikut Ini Makanan Antioksidan Tinggi Bagi Kesehatan

buah dan sayurAnda sudah pasti setuju bahwa “Kesehatan ditentukan oleh gaya hidup masing – masing orang”. Anda yang sering berkutat dengan asap kendaraan, asap rokok dan memakan makanan yang tercemar pestisida secara tidak sadar telah tekenal senyawa radikan bebas yang berbahaya bagi tubuh.

Radikal bebas merupakan partikel kecil yang bisa berasal dari sisa metabolisme tubuh dan faktor eksternal yaitu asap kendaraan. Selain menyebabkan penuaan dini radikal bebas dapat memicu berbagai macam penyakit. Untuk menangkal dampak buruk terhadap kesehatan diperlukan zat Antioksidan, zat-zat antioksidan tersebut antara lain adalah vitamin A, vitamin C, vitamin E dan juga beta carotene. Zat -zat tersebut dapat diperoleh dari asupan makanan.

Secara alamiah sebenarnya tubuh dapat memproduksi sendiri zat-zat antioksidan namun masih diperlukan tambahan zat antioksidan dari makanan yang kita konsumsi. Apasaja makanan – makanan yang mengandung zat antioksidan yang berfungsi untuk menangkal radikal bebas yang masuk kedalam tubuh Anda?

Buah – Buahan dan Sayur – sayuran

Buah dan sayuran adalah makanan yang paling utama untuk menangkal radikal bebas yang masuk kedalam tubu kita, karena didalam buah dan sayur selain mengandung vitamin, mineral juga mengandung antioksidan. Antioksidan bisa berasal dari vitainnya dan mineralnya, tapi yang lebih utama lagi didalam buah dan sayur terdapat zat warna buah dan zat warna, itulah zat antioksidan kuat yang disebut dengan Phytochemicals.

Menurut ahli gizi Samuel Oetoro, idelanya setiap hari kita harus Makan, Buah: 10 porsi buah, 10 macam buah, 10 warna dan sayur: 3 – 5 porsi, 3 – 5 macam sayur dan 3 – 5 warna. Kenapa demikian? karena tidak ada buah atau sayur yang kandungan vitamin dan antioksidannya sempurna.

Bagi penderita penyakit tertentu seperti diabetes dan kolesterol tinggi sangat dianjurkan mengkonsumsi makanan yang megandung antioksidan untuk menjaga keseimbangan metabolisme tubuh. Namun bagi penderita diabetes ada takaran khusus untuk dikonsumsi, bagi penderita diabetes hati-hati, dilarang untuk mengkonsumsi buah terlalu banyak karena pada buah terkandung gula. Untuk penderita diabetes tidak perlu makan Buah: 10 porsi buah, 10 macam buah, 10 warna, tapi cukup dengan 5 porsi buah, 5 macam buah, 5 warna dan pilih buah yang tidak terlalu matang agar kadang gula yang terkandung didalam buah tidak terlalu tinggi.

Bahan makanan antioksidan sebaiknya diolah dengan cara direbus atau di kukus agar kandungan tetap terjaga, selain memperbanyak makanan yang mengandung antioksidan berolah raga teratur dan istirahat yang cukup juga sangat penting untuk kesehatan.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *