Apakah Anda Merasa Mengantuk Setelah Makan.? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

mengantuk.setelah.makanMengantuk Setelah Makan.? Anda pernah mengalami? Semua orang pasti mengalami bahkan mungkin sering mengalami hal ini. Apa penyebabnya? dan bagaimana cara mengatasi kondisi ini? yuk simak penjelasannya..

Ada 3 hal yang perlu kita ketahui terlebih dahulu mengapa kita mengantuk setelah makan, yaitu :

  • Jenis Pemilihan Makanan

Kita tahu orang Indonesia dan asia tenggara sebagian besar kalau makan memilih makanan atau menu yang banyak mengandung karbohidrat atau berkarbohidrat tinggi dan kadar lemak yang tinggi. Contoh makanan yang banyak mengandung karbohidarat tinggi, Mie Goreng dan Nasi Goreng. Dan biasanya lauk yang dipilih pun mengandung lemak yang tinggi seperti: Tempe Goreng, Ayam Goreng, Rendang

Jika menu makan Anda seperti tersebut, justru menyebabkan pencernaan Anda bekerja lebih berat. Karena kerja pencernaan berat, yang seharusnya sirkulasi darah berjalan dengan baik dan bisa mensupplay oksigen serta nutrisi sampai ke otak akhirnya sebagian besar hanya mensupplay ke pencernaan dan supplay ke otak menjadi sedikit sehingga anda menjadi mengantuk.

  • Makan Terburu – buru

Saat kita sekolah dulu, telah diajari atau disampaikan oleh guru kita bahwa makan yang baik adalah dikunyah sebanayak 33 kali. Hal tersebut sebenarnya ada maksud dan tujuannya, jika kita mengunyah makanan terlalu sedikit atau terlalu pendek misalkan dua tiga kali kunyah lalu ditelan maka enzim amilase yang ada di dalam mulut yang berfungsi memecah karbohidarat menjadi glukosa tidak berfungsi dengan baik. Akibatnya Anda hanya merasakan kenyang saja namun perut Anda terasa sebah, tidak enak, lemas dan mengantuk.

  • Enzim

Disetiap tubuh manusia terdapat yang namanya enzim, fungsi enzim itu sendiri adalah membantu proses pencernaan dan membantu proses metabolisme dalam tubuh. Enzim banyak terdapat pada makanan mentah, begitu makanan dipanaskan maka enzim akan rusak. Seiring bertambahnya usia dan hal lainnya seperti aktifitas yang padat, menyebabkan kita jarang sekali makan makanan yang mentah atau makanan yang mengandung banyak enzim.

Mengantuk setelah makan adalah kondisi yang sangat kurang baik apalagi Anda seorang yang aktif dengan berbagai kegiatan atau pekerjaan. Jika Anda justru mengantuk setelah makan, maka aktifitas Anda akan sangat terganggu. Berikut ini Cara mengatasi agar Anda tidak mengantuk setelah makan, perhatikan beberapa hal berikut ini:

  • Pemilihan jenis makanan, pilihlah makanan yang banyak mengandung enzim dan lebih tinggi serat
  • Kurangi gorengan dan makanan tinggi karbohidrat
  • Olah raga teratur, lakukan olah raga ringan namun teratur anda lakukan setiap hari

Naah, bagaimana? mudah bukan cara mengatasi agar tidak mengantuk setelah makan? demikian tadi penyebab dan cara mengatasi mengantuk setelah makan dan selamat mempraktekkan.

Artikel ini dikutip dari: dr. Sung

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *