Ada dua “Tahanan PBB” Tinggal di Indonesia

nama.Tahanan.pbbAda dua “Tahanan PBB” Tinggal di Indonesia – Mungkin judul ini sedikit aneh atau justru membingungkan Anda, dan mengundang pertanyaan “kok bisa tahanan PBB tinggal di Indonesia?”.

Tahukah Anda? yang dimaksud dengan “Tahanan PBB” disini adalah sebuah nama, Iya benar nama seseorang itu adalah “Tahanan PBB”, aneh bukan? Pada tanggal 29 Januari 2018, diacara hitam putih salah satu acara yang terkenal milik Trans7 dan di pandu oleh mantan pesulap terkenal Deddy Corbuzier ini mengundang bintang tamu yang unik. Seorang anak yang masih bersekolah di sekolah menengah pertama atau SMP dengan usia sekitar 14 tahun dan memiliki nama “Tahanan PBB”.

Dengan jelas seorang anak yang bernama Tahanan Pbb ini menjelaskan mengapa dia diberikan nama tersebut oleh orang tuanya. Ayah mereka seorang warga negara asing yaitu dari Afganistan dan ibu berwarganegara Arab, pada tahun 2000 kedua orang tuanya pindah ke Indonesia karena di Afganistan terjadi perang. Dari Hasil interview terkait kepindahan ke kedua orang tua mereka ditolak oleh Komisioner Tinggi PBB untuk Pengungsi atau UNHCR.

Pada saat mereka berada di Sumbawa, segala jenis bantuan seperti : makanan, minuman, obat dan segala jenis bantuan diberhentikan oleh UNHCR. Perlakuan kedua orang tua mereka persis seperti seorang tahanan, semua gerak geriknya terus diawasi, hal tersebut membuat orang tua mereka marah. Sebagai wujud protes atau ketidak puasan orang tua mereka atas perlakuan yang diberikan, maka pada tangga 31 Agustus 2003 saat anak pertamanya lahir diberikan nama “Tahanan PBB”.

Bantuan sempat diberhentikan selama dua tahun, waktu itu mereka sekeluarga tinggal di Sumbawa. Mereka bisa bertahan hidup karena mendapat bantuan dari masjid, Tahanan PBB dapat melanjutkan sekolah karena bantuan dari guru-guru. Yang pada dasarnya warga masyarakat Indonesia membantu kepada keluarga mereka selam tinggal di Indonesia.

Dan uniknya lagi, adik kandung Tahanan PBB diberi nama oleh orang tua mereka dengan nama “Tahanan Pbb II” (tahanan pbb nomor dua). Tahanan Pbb II berjenis kelamin perempuan dan masih bersekolah di Sekolah Dasar.

Walaupun terkesan unik bahkan mungkin cenderung aneh, Tahanan Pbb tidak ingin merubah nama dia. Karena dia merasa nama yang diberikan oleh orang tuanya membawa arti dan cerita tersendiri bagi dia dan keluarganya.

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *