7 Manfaat Meditasi Untuk Kesehatan Tubuh Manusia

cara.mengobati.diabetes.secara.alamiSebuah studi ilmiah komprehensif menunjukkan bahwa relaksasi dapat mengubah tubuh kita pada tingkat genetik yang baru lahir. Apa yang dilakukan oleh para peneliti di Harvard Medical School adalah bahwa, dalam terapi relaksasi seperti yoga dan meditasi, menumbuhkan lebih banyak ‘gen melawan penyakit’ ‘aktif, dibandingkan dengan mereka yang tidak melakukan relaksasi.

Secara khusus, mereka menemukan gen yang melindungi dari gangguan seperti rasa sakit, ketidaksuburan, tekanan darah tinggi dan bahkan rheumatoid arthritis yang diaktifkan. Perubahannya, kata para peneliti, di induksi oleh apa yang mereka sebut ‘efek relaksasi’, sebuah fenomena yang bisa sama kuatnya dengan obat medis namun tanpa efek samping.

Namun bagaimana relaksasi atau meditasi bisa memiliki efek luas dan kuat seperti itu? Penelitian telah menggambarkan efek negatif dari stres pada tubuh. Terkait dengan pelepasan hormon stres adrenalin dan kortisol, stres meningkatkan denyut jantung dan tekanan darah, melemahkan kekebalan dan menurunkan kesuburan. Sebaliknya, keadaan relaksasi dikaitkan dengan tingkat bahan kimia merasa-baik yang lebih tinggi seperti serotonin dan hormon pertumbuhan yang memperbaiki sel dan jaringan. Memang, penelitian menunjukkan bahwa relaksasi memiliki efek sebaliknya, menurunkan denyut jantung, meningkatkan imunitas dan memungkinkan tubuh berkembang secara normal.

Berikut ini 7 Manfaat Relaksasi atau Meditasi untuk tubuh manusia yang terbukti secara ilmiah

  1. Peningkatan Imunitas / kekebalan
    Relaksasi dapat meningkatkan kekebalan tubuh untuk memulihkan pasien kanker. Sebuah studi di Ohio State University menemukan bahwa relaksasi otot progresif, saat berlatih setiap hari, mengurangi risiko kambuhnya kanker payudara. Dalam studi lain di Ohio State, satu bulan latihan relaksasi mendorong sel pembunuh alami pada orang tua, memberi mereka ketahanan yang lebih besar terhadap tumor dan virus.
  2. Keseimbangan Emosional
    Keseimbangan emosional, berarti bebas dari semua perilaku neurotik yang diakibatkan oleh adanya ego yang tersiksa dan trauma. Ini sangat sulit untuk dicapai sepenuhnya, tapi meditasi adalah cara untuk menyembuhkan neurosis dan keadaan emosional yang tidak seimbang dan tidak sehat.
  3. Tingakat Kesuburan Meningkat
    Sebuah studi di University of Western Australia menemukan bahwa wanita cenderung lebih mudah hamil jika secara kejiwaan atau bathin mereka dalam kondisi santai daripada stres. Sebuah studi di Trakya University, di Turki, juga menemukan bahwa stres mengurangi jumlah sperma dan motilitas, menunjukkan bahwa relaksasi juga dapat meningkatkan kesuburan pria.
  4. Meredakan Irardable Bowel Syndrome
    Efek Meditasi sangat efektif, sehingga para peneliti di Universitas Negeri New York merekomendasikannya sebagai pengobatan yang efektif untuk meredakan Irardable Bowel Syndrome.
  5. Menurunkan Tekanan Darah
    Sebuah studi di Harvard Medical School menemukan bahwa meditasi menurunkan tekanan darah pada tubuh. Sementara itu laporan British Medical Journal menemukan bahwa pasien yang dilatih cara bersantai dapat menurunkan tekanan darah signifikan.
  6. Anti-inflamasi
    Stres menyebabkan peradangan, keadaan yang terkait dengan penyakit jantung, arthritis, asma dan kondisi kulit seperti psoriasis, kata peneliti di Emory University di AS. Relaksasi dapat membantu mencegah dan mengobati gejala tersebut dengan mematikan respons stres. Dengan cara ini, satu studi di McGill University di Kanada menemukan bahwa meditasi secara klinis memperbaiki gejala psoriasis.
  7. Ketenangan
    Orang yang melakukan meditasi memiliki jiwa yang tenang, kedewasaan dan lebih bijaksana ketimbang yang tidak melakukan meditasi.

Lakukan meditasi secara berulang dan temukan suasana tenang, damai, sejuk dalam meditasi. ”Semakin teratur teknik ini dipraktekkan, semakin luar biasa manfaatnya”. Lakukan meditasi selama 15 menit, sekali atau dua kali dalam sehari. Semoga Artikel ini bermanfaat

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *